Borong Sepuluh Medali, Siswa Siswi SDIT Harum Jember Berjaya di HKIMO 2020

Borong Sepuluh Medali, Siswa Siswi SDIT Harum Jember Berjaya di HKIMO 2020

Awal tahun ajaran 2020/2021 menjadi saat yang membahagiakan bagi seluruh warga SDIT Harum Jember. Pasalnya, sepuluh siswa berhasil mendapatkan prestasi berupa sepuluh medali di ajang HKIMO 2020 (Hong Kong International Mathematical Olympiad 2020). Kompetisi ini diadakan oleh Hong Kong  Mathematical Olympiad Team Team Leader.

HKIMO 2020 ini diikuti siswa-siswi mulai jenjang TK, SD, SMP, SMA dan sederajat. Para peserta diuji kemampuan berhitung dan kemampuan logika dalam kompetisi matematika Internasional ini. Pendaftaran dilakukan pada 1 – 15 Juli 2020 lalu. Babak penyisihan atau Heat Round digelar secara daring pada 25 Juli 2020. Dan, babak final pada 29 Agustus 2020 juga akan dilaksanaan secara daring.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis pada 9 Agustus 2020, SDIT Harapan Umat Jember berhasil mendapatkan 10 medali dengan rincian; satu medali emas, empat medali perak, dan lima medali perunggu. Adapun siswa siswi yang berhasil meraih prestasi tersebut antara lain:

  1. Sutan Daiyan Raifa Z.A. – Kelas 6 Ali Bin Abi Thalib meraih medali Emas
  2. Farah Fauziah Zahra – Kelas 3 Ali Bin Abi Thalib meraih medali perak
  3. Muhammad Alman Haq – Kelas 5 Ali Bin Abi Thalib meraih medali perak
  4. Akmalul Mukmin Sholahuddin – Kelas 5 Ali Bin Abi Thalib meraih medali perak
  5. Zidan Azzam Arkanna. – Kelas 3 Ali Bin Abi Thalib meraih medali perak
  6. Akram Shidqi Azis – Kelas 2 Umar Bin Khattab meraih medali perunggu
  7. M. Aydin Mafar. – Kelas 4 Ali Bin Abi Thalib meraih medali perunggu
  8. Zivana Quinsha A. – Kelas 3 Ali Bin Abi Thalib meraih medali perunggu
  9. M. Alfi Hartawan – Kelas 4 Ali Bin Abi Thalib meraih medali perunggu
  10. M. Zidan Al-Faqih – Kelas 3 Ali Bin Abi Thalib meraih medali perunggu

Para siswa tersebut mendapatkan medali dari babak heat round yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Ada dua tahap yang dilalui peserta yaitu babak penyisihan atau Heat Round tingkat nasional dan babak final untuk tingkat internasional.

HKIMO 2020 merupakah kompetisi bergengsi yang selalu dinantikan setiap tahunnya. Sebanyak 21 negara mengikuti HKIMO 2020 antara lain Indonesia, Bulgaria, Malaysia, Myanmar, Taiwan, Thailand, Hong Kong, Kyrgyzstan, Philippines, India, Australia, Kazakhstan, Ukraine, Cambodia, Vietnam, Singapore, China, Iran, Sri Lanka, Laos and Dhaka Bangladesh. 

Pelaksanaan HKIMO 2020 dilakukan secara daring. Meskipun demikian, panitia pelaksana sangat ketat yaitu dengan melakukan pengawasan langsung secara virtual. Peserta diwajibkan memasang kamera atau webcam ketika pelaksanaan lomba. 

Kepala SDIT Harapan Umat (Harum) Jember, Ibu Elly Nuzulianty, S.S., turut berbangga atas capaian prestasi ini. Beliau sangat mendukung seluruh kegiatan pembinaan olimpiade di sekolah baik kepada para siswa, maupun para pembina. Harapan beliau, semoga para siswa dapat mencapai prestasi terbaiknya baik di bidang akademik, non-akademik, maupun dalam kehidupan sehari-hari.