Luar Biasa, SDIT Harum Jember Borong Medali di IKMC 2020

Luar Biasa, SDIT Harum Jember Borong Medali di IKMC 2020

Masa pandemi memang belum usai. Namun, siswa siswi SDIT Harapan Umat (Harum) Jember kembali memborong prestasi di bidang Matematika & IPA (MIPA). Kali ini, lima siswa siswi berhasil meraih prestasi di ajang International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) yaitu kompetisi matematika yang diselenggarakan oleh Kualita Pendidikan MIPA (KPM) bekerjasama dengan Association Kangourou Sans Frontières. IKMC diselenggarakan di 92 negara oleh satu operator resmi dan menjadi kompetisi level nasional. Untuk tahun ini, IKMC 2020 diselenggarakan secara daring.

IKMC 2020 melombakan bidang matematika dan IPA (MIPA), dan dibagi menjadi enam level antara lain ;

  1. PreEcolier : Kelas 1 & 2
  2. Ecolier : Kelas 3 & 4
  3. Benjamin : Kelas 5 & 6
  4. Cadet : Kelas 7 & 8
  5. Junior : Kelas 9 & 10
  6. Student : Kelas 11 & 12

Seleksi IKMC 2020 dilaksanakan pada tanggal 5 April 2020. Peserta yang lolos seleksi kemudian mengikuti Grand Final IKMC 2020 pada 21 Juni 2020. 

Siswa-siswi Harum mengikuti tiga level yaitu, level PreEcolier, Ecolier, dan Benjamin. Seluruh siswa mengikuti seleksi merupakan bimbingan Ibu Utami, pembina olimpiade SDIT Harum Jember.

Dari kesekian siswa yang berpartisipasi, sebanyak lima siswa siswi lolos di grand final IKMC 2020. Mereka adalah ;

  1. Farah Fauziah Zahra, kelas 3 Ali di level PreEcolier grade 2;
  2. Sutan Daiyan Raifa Z.A., kelas 6 Ali di level Benjamin grade 5;
  3. Akram Shidqi Azis, kelas 2 Umar di level PreEcolier grade 1;
  4. Akmalul Mukmin Sholahuddin, kelas 5 Ali di level Ecolier grade 2; dan 
  5. Muhammad Alman Haq di level Ecolier grade 2.

Mereka berhasil lolos setelah unggul di tahap seleksi. Kelima siswa siswi tersebut maju ke grand final pada 21 Juni 2020.

Grand final IKMC 2020 juga dilaksanakan secara daring. Para peserta mengikuti grand final dengan durasi waktu yang ketat dan pengawasan jarak jauh dari panitia pelaksana. Mereka bersaing dengan para peserta terbaik yang lolos di tahap seleksi dari seluruh Indonesia.

Siswa siswi berprestasi di ajang IKMC 2020

Usaha dan doa tidak menghianati hasil. Alhamdulillah, kelima delegasi dari SDIT Harum Jember berhasil meraih dua medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu. Ananda yang berhasil meraih prestasi tersebut antara lain ;

  1. Akmalul Mukmin Sholahuddin meraih medali Emas di level Ecolier grade 2;
  2. Muhammad Alman Haq meraih medali Emas di level Ecolier grade 2;
  3. Sutan Daiyan Raifa Z.A. meraih medali Perak di level Benjamin grade 5;
  4. Farah Fauziah Zahra meraih medali Perak kelas 3 Ali di level PreEcolier grade 2;
  5. Akram Shidqi Azis meraih medali Perunggu di level PreEcolier grade 1. 

Capaian ini merupakan prestasi perdana di awal tahun ajaran baru 2020/2021. Ini juga merupakan capaian prestasi nasional untuk kesekian kalinya bagi siswa siswi yang menjadi delegasi lomba.

Kesemua peserta telah memberikan ikhtiar terbaik untuk meraih prestasi dan mengharumkan nama sekolah. Ini juga merupakan salah satu komitmen SDIT Harum Jember untuk menghantarkan ananda berprestasi hingga level nasional maupun internasional. Terima kasih kepada seluruh peserta, ayah bunda, para pembina, dan pihak-pihak yang terlibat. SDIT Harum, sekolah untuk berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *