Panen Prestasi SDIT Harum Jember di OLIPA 2020

Panen Prestasi SDIT Harum Jember di OLIPA 2020

SDIT Harapan Umat (Harum) Jember kembali meraih prestasi di bidang sains. Kali ini kompetisi yang menjadi ladang juara adalah OLIPA (Olimpiade Ilmu Pengetahuan Alam) pada Ahad, 01 Maret 2020 di SMPN 7 Jember. Para siswa SDIT Harum Jember berhasil meraih enam medali dalam kompetisi sains yang diinisiasi oleh MGPM IPA (Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA) ini.

Enam siswa berhasil meraih medali di tiga level yang berbeda. Mereka adalah ;

  1. Zivana Quinsha Azzahra, kelas 2 Ali, mendapatkan medali perunggu di level 1
  2. Raisa Rasendriya Candra Kirana, kelas 2 Ali, mendapatkan medali perunggu di level 1
  3. Farah Fauziyah Zahra, kelas 2 Abu Bakar, mendapatkan medali perak kedua di level 1
  4. Areta Putri Azalia, kelas 2 Ali, mendapatkan medali emas di level 1
  5. Akmalul Mukmin S., Kelas 4 Ali, mendapatkan medali perunggu di level 2
  6. Bilal Aysarusydan Aliy, kelas 6 Abu Bakar, mendapatkan medali emas kedua di level 3

OLIPA atau Olimpiade Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh MGMP IPA atau Musyawarah Guru MAta Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Setiap tahun, OLIPA digelar untuk menyeleksi para peserta didik dari sekolah-sekolah di bawah Kemendikbud dalam bidang studi IPA. OLIPA diselenggarakan untuk dua jenjang sekolah yaitu Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs).

OLIPA 2020 MGMP Jember telah terselenggara pada Ahad, 01 Maret 2020. Bertempat di SMPN 7 Jember, final OLIPA 2020 MGMP Jember diikuti berbagai peserta dari SD atau MI di wilayah Jember. Sementara untuk level SMP/MTs telah terlaksana pada Sabtu, 22 Februari 2020.

Para delegasi SDIT Harum Jember yang menjadi juara OLIPA 2020 berfoto bersama. (pict:pembina)

SDIT Harapan Umat (Harum) Jember telah mengirimkan enam siswa siswi di final OLIPA 2020. Di level satu, para siswi yang menjadi delegasi sekolah antara lain; Zivana Quinsha Azzahra, Raisa Rasendriya Candra Kirana, Farah Fauziyah Zahra, dan Areta Putri Azalia. Di level dua, siswa yang lolos adalah Akmalul Mukmin S. Dan, di level tiga, siswa yang lolos adalah Bilal Aysarusydan Aliy. Level satu diperuntukkan untuk siswa siswi kelas 1-2. Level dua diperuntukkan untuk siswa siswi kelas 3-4. Sedangkan, level tiga diperuntukkan untuk kelas 5-6.

Kegiatan OLIPA 2020 dimulai sejak pukul 06.30 WIB. Para peserta melakukan registrasi, dan baru pada pukul 08.00 WIB dimulai. Sesi pertama dilaksanakan babak penyisihan mulai pukul 08.00-10.00 WIB. Dari semua peserta yang mengikuti, hanya 12 peserta yang dipilih untuk masuk final.

Pengumuman peserta yang lolos final dilaksanakan pada 11.30 WIB. 12 peserta terbaik di setiap level berhasil maju ke babak ini. Seluruh delegasi SDIT Harum Jember berhasil lolos. Sementara itu, babak final dimulai pukul 12.30-13.10 WIB dengan materi lomba berupa soal isian dan uraian.

Agenda selanjutnya adalah Ishoma. Kemudian, sekitar pukul 14.30, juara OLIPA 2020 MGMP IPA tingkat SD/ MI diumumkan. Alhamdulillah, enam siswa siswi SDIT Harum Jember berhasil menjadi juara dalam OLIPA 2020.

Para juara OLIPA 2020 berfoto bersama Waka Kesiswaan, Ibu Dilla, S.Pd.I., dan wali kelas SDIT Harum Jember

Catatan prestasi para di ajang OLIPA 2020 MGMP Jember tentu sangat membanggakan. Ajang OLIPA merupakan kompetisi yang diikuti oleh hampir semua sekolah baik SD/MI negeri maupun swasta. Hal ini tentu menunjukkan bahwa siswa siswi SDIT Harum Jember mampu bersaing dalam kompetisi sains. Prestasi ini juga menjadi catatan positif tahun ajaran 2019/2020.