PELATIHAN GURU HARUM : PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI ERA MILLENIAL

PELATIHAN GURU HARUM : PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI ERA MILLENIAL

Guru adalah faktor utama dalam kegiatan pendidikan. Di era millennial, guru dituntut untuk memiliki figur teladan, professional dalam bekerja, dan mengikuti perkembangan teknologi & informasi. Dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pengajar, SDIT Harapan Umat Jember melaksanakan kegiatan “Up-Grading Guru” selama tiga hari di akhir semester ganjil.

Pelatihan manajemen kelas dalam rangka peningkatan kualitas guru SDIT Harum Jember

Kegiatan hari pertama adalah “Pelatihan Manajemen Kelas” yang dilaksanakan pada Selasa, 17/12/2019. Pelatihan ini ini diikuti oleh seluruh guru dan bertempat di gedung Aula Qur’an SDIT Harapan Umat Jember. Pemateri pelatihan hari pertama adalah bapak Arif Santoso, S.T. dari Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Surabaya. 

Dewan guru berfoto dengan bapak Arif Santoso, S.T., di hari pertama Up-Grading Guru SDIT Harapan Umat Jember

Beliau menjelaskan bahwasanya keterampilan mengelola kelas merupakan bagian integrasi pembelajaran yang efektif. Namun menurut beliau juga, dalam kenyataannya, masih banyak guru yang belum optimal dalam mengelola kelas yang efektif. Dengan pengelolaan kelas yang baik, maka potensi akademik maupun kematangan emosional siswa akan terbentuk dengan baik.

Kegiatan hari kedua, Rabu 18/12/2019, adalah “Pelatihan Media IT” dengan pemateri ustadz M. Hasin Ilmalik, S.Pd., staf pengajar SDIT Harapan Umat Jember. Beliau menyampaikan materi dengan “Optimalisasi penggunaan media berbasis IT” yang mencakup fotografi, videografi, Dan Power Point. Bertempat di Aula Qur’an, kegiatan ini dimaksudkan agar para guru mampu mengoptimalkan sarana IT sebagai media pendukung pembelajaran. Dengan media berbasis IT, diharapkan pembelajaran menjadi lebih menarik minat siswa untuk belajar.

Kelompok ibu guru tengah berdiskusi pada Up-Grading Guru SDIT Harum hari ketiga dengan materi Pembelajaran Matematika

Kegiatan hari ketiga berlangsung setelah pergantian tahun, yaitu Kamis, 02/01/2020. Ibu Novita Mauris, S.S.I, dari SDIT Permata Mojokerto, Jatim menjadi pemateri “Pelatihan Matematika”. Beliau menyampaikan menyusun pembelajaran matematika yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak. Salah satunya adalah pembelajaran mengenal bentuk dari objek nyata/langsung. Ketiga pelatihan ini diharapkan mempu meningkatkan kualitas pembelajaran guru SDIT Harum di kelas. Dengan begitu, dampak positifnya adalah para siswa dapat berkembang lebih baik menjadi unggul, mandiri, dan tangguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *