Perkuat Sinergi di Masa Pandemi, SDIT Harum Jember Gelar Parenting Online

Perkuat Sinergi di Masa Pandemi, SDIT Harum Jember Gelar Parenting Online

Awal tahun ajaran 2020/2021, SDIT Harum Jember telah melaksanakan Parenting Online pada Sabtu, 18 Juli 2020. Dengan tajuk “Sosialisasi PIBeR dan Parenting Online”, kegiatan ini mengundang Ustadz Bendri Jaisyurrahman, pakar parenting dan penulis buku “Fatherman”. Memanfaatkan Zoom Meeting, kegiatan ini merupakan seminar online pertama yang diadakan oleh SDIT Harum Jember. 

Ustadz Bendri Jaisyurrahman menjadi pembicara dalam kegiatan “Sosialisasi PIBeR dan Parenting Online” pada Sabtu lalu (18/07/20)

Kegiatan parenting online ini merupakan inovasi terbaru dari sekolah. Pandemi Corona atau Covid-19 yang datang tiba-tiba membuat semua pihak tercengang. Hampir setiap orang, lembaga maupun instansi dipaksa beradaptasi dengan cepat. Begitupun dengan SDIT Harapan Umat (Harum) Jember. Pagebluk menyebabkan banyak agenda sekolah yang tertunda dan ditiadakan. Salah satunya adalah kegiatan parenting.

SDIT Harum Jember selalu mengagendakan parenting untuk orangtua setiap tahun. Kegiatan ini selalu mendatangkan pembicara/ pakar parenting nasional. Awalnya, parenting akan berlangsung di pertengahan bulan Maret 2020. Namun, situasi dan kondisi memaksa agenda ini ditunda sampai waktu yang memungkinkan.

Setelah menunggu hingga akhir tahun ajaran 2019/2020, akhirnya diputuskan bahwa kegiatan parenting berlangsung di awal tahun ajaran baru 2020/2021. Solusi yang kemudian dipilih adalah melaksanakan parenting online dengan media Zoom Meeting. Ini merupakan kegiatan parenting pertama yang memanfaatkan zoom meeting untuk satu sekolah.

Ustadz Bendri, sapaan dari Ustadz Bendri Jaisyurrahman, menyampaikan materi parenting selama kurang lebih 90 menit. Beliau menyampaikan urgensi sebagai orangtua dan kiat-kiat pengasuhan di dalam keluarga.  Prinsip dari  pengasuhan adalah orang tua mau berperan dalam proses mendidik anak. Ibu adalah madrasah pertama bagi anak, dan kepala sekolahnya adalah ayahnya.

Sebagian peserta dari “Sosialisasi PIBeR dan Parenting Online”
para peserta “Sosialisasi PIBeR dan Parenting Online” berfoto bersama dengan tangkapan layar pc

Para peserta yang merupakan orangtua/ wali murid dan para guru memberikan apresiasi positif. Beberapa perwakilan wali murid memberikan komentar positif melalu laman facebook. 

“Penyampaian materi dari ustadz Bendri super oke. Materinya bagus dan bermanfaat sekali..Terimakasih tim Sdit Harapan Umat Jember” kata Ibu Ida Farida. 

Wali murid antusias mengikuti kegiatan “Sosialisasi PIBeR dan Parenting Online” SDIT Harum Jember

“Mengikuti dr awal sampai akhir ..masyallah…materinya bagus…pingin lagi seperti ini..terima kasih tim SDIT Harum..thufail ortu…” tutur Ibu Dyah Krisnawati.

“Masyaallah ini keren..” ungkap Ibu Arinil Hidayah.

Tentunya pihak sekolah sebagai penyelenggara merasa bahagia dengan respon wali murid.

“Alhamdulillah, semoga SDIT Harum Jember selalu bisa memberikan yang terbaik untuk ananda, dan ayah bunda sekalian” jawab Ibu Veny Ardiyanti, S.S., wali kelas 6 Umar.