KUKUHKAN HAFALAN SISWA, SDIT HARUM JEMBER GELAR MUNAQASYAH TAHFIDZ

KUKUHKAN HAFALAN SISWA, SDIT HARUM JEMBER GELAR MUNAQASYAH TAHFIDZ

SDIT Harapan Umat (Harum) Jember tengah menggelar kegiatan Munaqasyah Tahfidz. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 07-30 September 2020 akan diikuti siswa siswi yang direkomendasikan oleh pengampu kelas. Mereka adalah anak-anak yang telah menuntaskan minimal juz 30 atau sesuai dengan capaian target kelas. Mereka diuji oleh ustadz dan ustadzah yang merupakan alumni Ma’had Ibnu Katsir Jember.

Ustadz Ahmad Baihaqi, S.Pd, Al-Hafiz menjadi penguji para peserta Munaqasyah Tahfidz SDIT Harum Jember

Bertempat di sekolah, Munaqasyah Tahfidz menerapkan protokol ketat. Hanya ada lima siswa per hari yang diperkenankan ikut dan menempati kelas yang terpisah. Para peserta dan penguji munaqasyah juga harus menggunakan masker dan menjaga jarak selama kegiatan berlangsung.

Ustadz Ahmad Fauzan Awaris, S.Sos., Koordinator Al-Qur’an SDIT Harum Jember, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengukuhkan hafalan siswa. Dimasa pandemik seperti sekarang ini, kegiatan munaqasyah menjadi sangat penting. Para siswa sebenarnya sudah menuntaskan setoran hafalan semenjak sebelum masa pandemik. Namun, karena pola belajar yang berubah tenyata berdampak juga pada intensitas belajar Al-Qur’an. Kegiatan Munaqasyah Tahfidz ini menjadi sarana penyemangat siswa untuk muroja’ah minimal satu juz.  

Nantinya para peserta Munaqasyah Tahfidz akan mendapatkan syahadah bagi yang sudah lulus. Dan, bagi siswa yang belum lulus maka akan mengulang ujian pada bulan berikutnya. Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap bulan dan dibatasi kuota. Ini sekaligus untuk mengurangi masa tunggu munaqasyah seperti tahun sebelumnya.

Ustadz Ahmad Fauzan Awaris, S.Sos., menyambut para peserta sebelum mengikuti Munaqasyah Tahfidz SDIT Harum Jember

Ustadz Fauzan, sapaan beliau, juga berharap agar kegiatan ini dapat berjalan sesuai rencana awal.

“Kita harapkan agar anak-anak tetap terjaga kualitas hafalan dan bacaan Qur’annya meski dalam masa pandemik’’ jelas beliau yang merupakan alumni PP Al-Fattah, Talangsari ini.

Munaqasyah tahfidz adalah bentuk ikhtiar terbaik tim pengajar Al-Quran. Harapannya, Al-Quran dapat membumi di hati siswa siswi dan seluruh warga SDIT Harum Jember.