Alhamdulillah, Siswa SDIT Harum Jember Jadi Terbaik di Seleksi KSN 2020 Jember

Alhamdulillah, Siswa SDIT Harum Jember Jadi Terbaik di Seleksi KSN 2020 Jember

SDIT Harapan Umat (Harum) Jember kembali mengukir prestasi dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 tingkat Kabupaten Jember. Muhammad Alman Haq (9), siswa kelas 4 Ali, berhasil menjadi juara satu bidang Matematika. Ananda meraih poin tertinggi dalam KSN 2020 tingkat Jember untuk level SD/MI. Kegiatan ini berlangsung di SDN Jemberlor 2, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada Kamis lalu (12/03/2020).

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan kompetisi sains resmi yang diadakan oleh Kemdikbud. KSN dibagi berdasarkan dengan jenjang sekolah yaitu SD/MI. SMP/MTs, dan SMA/MA. Seleksi KSN dimulai dari tingkat kecamatan. Tiga peserta terbaik di tingkat kecamatan akan melaju ke level kabupaten/ kota. Selanjutnya, tiga terbaik akan berkompetisi di level provinsi. Terakhir, juara level provinsi berkompetisi kembali pada level nasional. Kemendikbud akan mempertimbangakan para juara KSN untuk ikut serta di ajang internasional, seperti IMSO dsb-nya.

Muhammad Alman Haq (berbatik orange) menjadi juara satu bidang matematika Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 tingkat Kabupaten Jember (pict: panitia)

Sebelumnya, Alman, sapaan ananda, berhasil meraih poin tertinggi dalam seleski KSN tingkat kecamatan Sumbersari. Peringkat kedua juga diraih oleh siswa SDIT Harum Jember atas nama Akmalul Mukmin S. (Akmal), siswa kelas 4 Ali. Namun, aturan yang diperbaharui menyebutkan bahwa juara 1,2,3 tidak diperkenankan dari satu sekolah. Hal tersebut berakibat Akmal tidak dapat melanjutkan ke level selanjutnya.

Pihak SDIT Harum Jember tentunya merasa kecewa dengan hal tersebut. Namun dengan capaian Alman kali ini, alhamdulillah, kekecewaan tersebut terobati. Alman akan menjadi perwakilan Kabupaten Jember dalam seleksi KSN 2020 tingkat Jawa Timur.

“Saya senang bisa berprestasi di KSN 2020. Semoga bisa meraih prestasi terbaik di level provinsi” ujar Alman melalui sambungan telepon.

Di tempat lain, Ibu Yusri Lestari S.Pd., selaku pembina lomba dan wali kelas 3 Ali juga menuturkan;

“Persiapan KSN membutuhkan waktu selama satu bulan. Secara intensif, sejak pagi hingga dhuhur ananda belajar untuk persiapan lomba. Karena kelas 3 Ali adalah kelas khusus untuk sains sehingga pembelajaran di kelas dapat dioptimalkan untuk persiapan olimpiade juga.”

Ditahun sebelumnya, siswa SDIT Harum Jember bahkan telah melangkah hingga level internasional. Sutan Daiyan Raifa Z. (11), siswa kelas 5 Ali, telah sukses dalam ajang IMSC 2019 dan IMSO 2019. Ananda mengawali langkah prestasi internasional dari ajang Olimpiade Siswa Nasional (OSN), atau nama kompetisi ini sebelum diubah.

Harapan terbesar dari pihak sekolah adalah para delegasi lomba dapat mengharumkan nama sekolah, kabupaten, hingga Indonesia ke level tertinggi. Saat ini, perbaikan dan pematangan bibit-bibit unggul masih terus dilaksanakan di sekolah ini. Diharapkan, setiap siswa siswi dapat mencapai prestasi terbaik sesuai bidangnya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *