Tingkatkan Kualitas Literasi, SDIT Harum Jember Adakan Workshop untuk Guru

Tingkatkan Kualitas Literasi, SDIT Harum Jember Adakan Workshop untuk Guru

Literasi adalah salah satu unggulan program SDIT Harapan Umat (Harum) Jember. Mulai dari program rolling book, pengadaan perpustakaan kelas, peningkatan fasilitas perpustakaan sekolah hingga workshop telah dilaksanakan selama setahun terakhir.  Kemampuan literasi yang baik menjadi tolak ukur ketuntasan belajar siswa di SDIT Harum Jember.

Semester ini, SDIT Harum Jember melaksanakan kegiatan Workshop Literasi untuk seluruh guru. Kegiatan ini dimulai pada Ahad, 16 Agustus 2020 dengan menggunakan Zoom Meeting dikarenakan masih dalam kondisi pandemi. Pemateri Workshop Literasi ini adalah Ibu Sumarti M. Thahir, M.Pd., direktur operasional Pustaka Hati. Beliau yang saat ini tinggal di Jakarta juga merupakan penemu metode baca CBIFonik. Metode ini telah teruji secara ilmiah di beberapa sekolah, dan saat ini pun sedang menjadi bahan penelitian disertasi beliau.

Ibu Sumarti M. Thahir, M.Pd., menjadi pemateri Workshop Literasi yang digelar mulai Ahad, 16 Agustus 2020
Bapak Ibu guru SDIT Harum Jember antusias mengikuti workhop Literasi pada Ahad lalu (16/08/2020)

Workshop Literasi kali ini berfokus pada standarisasi literasi para guru. Hal tersebut sangat penting karena guru sebagai pengajar sekaligus pembimbing siswa siswi di kelas. Oleh sebab itu, sekolah memprioritaskan untuk mengenalkan metode CBIFonik yang sudah teruji secara ilmiah. Para guru diajak untuk mengenal dan memahami metode CBIFonik dengan baik untuk kemudian dilaksanakan dalam pembelajaran kelas. Rencananya kegiatan workshop literasi ini akan berlangsung hingga 10 kali pertemuan.

Kegiatan profiling literasi siswa di kelas 1 Umar Bin Khattab pada Rabu lalu (02/09/2020)

Pekan ini, awal September 2020, sekolah tengah melaksanakan profiling literasi siswa. Sesuai dengan arahan Ibu Sumarti, tahap ini adalah untuk mengenal tingkat kemampuan literasi siswa. Bapak ibu guru diminta untuk dapat memetakan siswa di kelas agar dapat memberikan penanganan dan pembelajaran yang optimal.