BPI Akbar Ketiga : Siswa SDIT HARUM Jember Siap Hadapi Pubertas

BPI Akbar Ketiga : Siswa SDIT HARUM Jember Siap Hadapi Pubertas

Jember – Jumat lalu, (02/04/2021), SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember menggelar agenda Bina Pribadi Islami (BPI) Akbar Ketiga secara virtual melalui Zoom Meeting. Kegiatan yang diperuntukkan untuk para siswa kelas 4, 5, dan 6 ini mengambil tema “Aku Siap Pubertas” untuk kelas 5-6, dan “Aku Siap Pra Pubertas” untuk kelas 4. Tak tanggung-tanggung, pemateri BPI Akbar kali ini adalah pembicara nasional yaitu Kak Daus (Nur Firdaus, S.Psi.), dan Kak Nova (Nova Dhelia Susanti, S.Psi) dari Eduakasi Anak dan Remaja (DiAR) Jakarta.

Kegiatan BPI Akbar Ketiga dibagi menjadi tiga sesi. Sesi 1 untuk siswa kelas 5-6 dari pukul 07.30 s.d. 09.00 WIB. Sesi 2 untuk siswi kelas 5-6 dari pukul 09.30 s.d. 11.00 WIB. Dan, sesi 3 untuk siswa siswi kelas 4 dari pukul 12.30 s.d. 14.00 WIB.

Sesi 1 BPI Akbar Ketiga untuk siswa kelas 5-6 pada Jumat lalu (02/04/2021)

Sesi 1 untuk siswa kelas 5-6 dipandu oleh Ustadz Ilyas, M.Pd., guru Bahasa Arab & PAI SDIT HARUM Jember. Sementara itu, tilawah dibacakan oleh Ustadz Sholihin, S.Pd., guru tahfidz SDIT HARUM Jember. Setelah dibuka dan dibacakan tilawah, acara dilanjutkan dengan materi inti dari Kak Daus. Beliau menyampaikan secara detail tanda-tanda perubahan fisik dan psikologis remaja putra fase awal. Anak-anak juga diajarkan bagaimana menanggapi perubahan-perubahan tersebut dari sudut pandang keislaman dan ilmu psikologi. Diakhir sesi 1, Kak Daus menjawab beberapa pertanyaan siswa yang dikirimkan melalui chat Zoom.

Sesi 2 BPI Akbar Ketiga untuk siswi kelas 5-6 pada Jumat lalu (02/04/2021)

Selanjutnya, sesi 2 untuk siswi kelas 5-6 dipandu oleh Ibu Laras, S.Pd., wali kelas 6 Ali Bin Abi Thalib. Tilawah dibacakan oleh ananda Kayla Nurul Faizah, siswi kelas 6 Utsman Bin Affan. Sesi 2 diisi oleh Kak Nova yang mengupas tuntas persiapan pubertas untuk putri. Beliau menyampaikan secara detail tanda-tanda perubahan fisik dan psikologis remaja putri fase awal. Hampir sama dengan sesi sebelumnya, anak-anak juga diajarkan bagaimana menanggapi perubahan-perubahan tersebut dari sudut pandang keislaman dan ilmu psikologi. Kak Nova juga menjawab beberapa pertanyaan siswa yang dikirimkan melalui chat Zoom di akhir sesi.

Sesi terakhir yaitu sesi ketiga untuk siswa siswi kelas 4 dipandu oleh Ustadz Lukman, S.Pd., wali kelas 4 Utsman Bin Affan. Tilawah dibacakan oleh Ustadz Ardi Ervandi, S.Pd., Koordinator Tahfidz SDIT HARUM Jember. Khusus sesi 3, kedua pemateri yaitu Kak Daus, dan Kak Nova berkolaborasi untuk mengisi materi Pra Pubertas. Siswa kelas 4 belajar untuk mengenal konsep aqil baligh baik dari sudut pandang keislaman maupun psikologi. Para pemateri juga mengajak para siswa untuk bermain secara interaktif secara virtual.

Para siswa kelas 4 antusias mengikuti BPI Akbar pada Jumat lalu (02/04/2021)

Para siswa baik kelas 4, 5, maupun 6 sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Efek pandemi membuat interaksi para guru dan siswa berkurang. Akibatnya, perubahan siswa terutama yang akan memasuki usia aqil baligh tidak terkontrol secara maksimal. Menurut Ibu Veny Ardianti, S.Pd., koordinator pelaksana kegiatan, dengan kegiatan BPI Akbar Ketiga ini diharapkan para siswa dapat memiliki kesiapan untuk menghadapi fase remaja awal atau pubertas. (ans)