SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Parenting SDIT HARUM Jember : Jadi Orangtua yang Sadar Pengasuhan

Foto : Pak Cah dan Bu Ida menjadi pemateri pada Parenting Akbar Edisi Spesial di Convention Hall, Universitas dr. Soebandi, Ahad (12/02/2023)

Jember (17/02) – Rangkaian kegiatan parenting SDIT HARUM Jember telah tiba pada puncaknya. SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember menggelar kegiatan parenting akbar edisi spesial bersama Cahyadi Takariawan (Pak Cah), dan Ida Nur Laela (bu Ida), Ahad lalu (12/02/2023). Bertempat di Convention Hall, Universitas dr. Soebandi, wali murid kelas 1-6 dan calon wali murid baru kelas satu hadir mulai dari pukul 08.00-11.30 WIB.

Pak Cah, sapaan akrab pemateri pertama, menjelaskan pentingnya mengembangkan pola asuh dengan kesadaran.

“Pola pendidikan yang berkesadaran adalah pola pendidikan yang (terencana. terprogram). Wa maa yantiqu an al-hawa, in huwa illa wahyu yuhaa.” jelasnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa pengasuhan Rasulullah SAW adalah contoh terbaik baik dalam konsep maupun prakteknya. Kedekatan Rasulullah SAW dengan cucu-cucunya yaitu Hasan dan Husein menjadi gambaran nyata bagaimana sikap dan perilaku orangtua kepada anaknya.

Semua hal tersebut dilakukan Rasulullah SAW dengan kesadaran penuh berdasarkan wahyu ilahiyah. Nilai-nilai dasar dalam memahami pentingnya pola asuh dengan kesadaran.

“Jadi Ayah dan Bunda sekalian, Mindful Parenting atau pola asuh berkesadaran berarti orang tua tidak hanya terikat secara biologis, tetapi juga fisiologis maupun ideologis yang memahami bahwa value, perasaan dan tingkah laku anak. Mereka (anak-anak) harus mendapat perhatian dari kita sebagai orangtua.” tambahnya.

Sementara itu, Bu Ida, sapaan pemateri kedua, secara tersirat menjelaskan bahwa tidak ada kata terlambat dalam belajar ilmu parenting.

“Dulu, anak saya yang namanya Revolusi, putra keenam, menyadarkan saya untuk kembali belajar tentang orang tua. Setelah ananda menyampaikan keluh kesahnya atas sikap kami selama ini, seketika, saya taruh HP dan kemudian saya tatap mata ananda dan minta maaf.” jelasnya.

Pak Cah dan Bu Ida juga menjawab beberapa pertanyaan dari para peserta. Keduanya menjawab berbagai pertanyaan dari para peserta yang merupakan wali murid SDIT Harum Jember.

Diakhir sesi, Pak Cah dan Bu Ida juga memberikan tandatangan kepada para peserta membeli atau membawa buku “Wonderful Family”. Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berfoto bersama.

Tak Hanya Seminar Parenting

Setelah hampir tiga tahun tidak dapat melaksanakan parenting akbar secara offline, tentunya banyak hal yang menarik yang dapat ditemui. Misalnya, keterlibatan paguyuban wali murid, dan siswa dalam kegiatan.

Ekskul hadrah didaulat tampil menjadi pembuka kegiatan seminar parenting kali ini. Selain siswa, para guru pembimbing ekskul juga turut berpartisipasi selama kurang lebih satu jam.

Ada juga penampilan tilawah Al-Quran oleh Ananda Eurico Zhafran Muhammad, dan Karimah dari kelas 2 Abu Bakar. Masing-masing membacakan tilawah dan sari tilawah dihadapan peserta dan tamu undangan.

Pengurus paguyuban kelas yang terdiri dari para bunda wali murid juga turut memeriahkan kegiatan ini. Mereka tergabung dalam kepanitiaan dan turut membantu dari sebelum acara hingga selesai.

Selain wali murid, pimpinan yayasan dan komite sekolah juga turut menghadiri kegiatan ini. Diantaranya adalah Prof. Subagyo, ketua yayasan IC al-Ichlas, Prof. Indarto, ketua takmir masjid, Abu Khoiri, ketua tim satgas, Rizal,perwakilan komite sekolah. Mereka juga turut memberikan sambutan dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan ini.

Kepala SDIT Harum Jember, Elly Nuzulianti, menjelaskan bahwa kegiatan parenting ini tidak dapat terlaksana tanpa sumbangsih dari semua pihak baik dewan guru, paguyuban kelas, dan yayasan. Beliau berharap agar sinergi ini terus berlanjut sehingga dapat memajukan program-program sekolah yang berkelanjutan. (humas)

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya