SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Perjalanan Dua Siswa SDIT HARUM Jember Raih Prestasi KSN 2021

Dua siswa SDIT Harapan Umat Jember kembali berhasil mengharumkan nama sekolah dan  kabupaten Jember di kancah nasional. Ananda M. Alman Haq, dan Akmalul Mukmin S., dua siswa dari kelas 6 Ali, berhasil meraih beberapa prestasi dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021.

Perjalanan prestasi keduanya di KSN 2021 tergolong luar biasa. Pertama, M. Alman Haq berhasil meraih peringkat satu dalam seleksi KSN tingkat kecamatan Sumbersari pada cabang lomba Matematika. Alman, sapaannya, kemudian menjadi perwakilan kecamatan Sumbersari di seleksi KSN tingkat Kabupaten Jember. Dan pada level ini juga, Alman berhasil meraih peringkat satu cabang lomba Matematika se-Kabupaten Jember.

Hasil ini menjadikan Alman sebagai wakil kabupaten Jember dalam seleksi KSN 2021 tingkat Provinsi Jawa Timur. Pada level provinsi ini, Alman kembali mencetak prestasi yang mengharumkan. Pasalnya, Alman berhasil menjadi yang terbaik dan lolos KSN 2021 tingkat nasional. Ini menjadikan Alman sebagai salah satu wakil Jawa Timur di KSN 2021 tingkat nasional.

Akhirnya, Alman pun mengikuti babak final KSN 2021 tingkat nasional pada 25-30 Oktober 2021. Pada babak ini, para peserta yang berpartisipasi adalah peraih nilai terbaik dari masing-masing provinsi seluruh Indonesia. Mereka adalah peserta yang juga telah melewati babak seleksi kecamatan, kabupaten, dan provinsi.

Dan hasilnya, sungguh membanggakan. Alman berhasil meraih medali perunggu di KSN 2021 tingkat nasional. ini merupakan capaian terbaik Alman di KSN.

Kedua, perjalanan prestasi dari ananda Akmalul Mukmin Sholahuddin. Akmal, sapannya, juga berhasil meraih peringkat satu pada seleksi KSN 2021 tingkat kecamatan Sumbersari cabang lomba IPA. Sama seperti Alman, Akmal kemudian menjadi wakil kecamatan Sumbersari dalam seleksi KSN 2021 tingkat Kabupaten Jember. Pada level ini, Akmal berhasil meraih hasil yang luar biasa dengan menjadi peringkat satu di cabang lomba IPA. Hal ini menjadikan Akmal sebagai perwakilan Jember untuk seleksi KSN 2021 tingkat Provinsi Jawa Timur.

Akhirnya, Akmal pun mengikuti seleksi KSN 2021 tingkat provinsi Jawa Timur. Sayangnya, langkah Akmal terhenti di level ini. Meski begitu, ananda telah memberikan perjuangan terbaiknya karena berhasil menjadi wakil Jember, dan berhasil lolos hingga KSN 2021 tingkat Jawa Timur.

Kepala SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember, Elly Nuzulianty, S.S., turut bangga dengan capaian prestasi di KSN 2021.

“Alhamdulillah, kami bersyukur atas capaian Alman dan Akmal di KSN 2021. Keduanya telah memberikan perjuangan terbaiknya di KSN 2021. Kami ucapkanselamat kepada ananda, para pembina, dan ayah bunda yang telah mengupayakan yang terbaik di gelaran KSN 2021 ini.”

Pembina kedua bidang olimpiade, Fitria Endang Rohmaniyah, S. Pd, juga turut bangga atas capaian prestasi Alman dan Akmal. Beliau menjelaskan bahwa keduanya telah memberikan perjuangan terbaik dari mulai tingkat kecamatan hingga nasional.

Ibunda Akmal, dr. Elly Nurus Sakinah, M.Si., juga turut memberikan tanggapan. Beliau bersyukur atas capaian ananda namun prestasi tersebut ini bukanlah tujuan utama. Proses pendidikan yang ananda jalani jauh beliau prioritaskan.

Senada dengan hal tersebut, ibunda Alman, Dwi Indarti, S.Si., M.Si., juga selalu berpesan kepada Alman untuk selalu rendah hati dan belajar. Beliau juga bersyukur atas kehadiran kegiatan pembianan olimpiade di SDIT Harum Jember.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan kompetisi resmi yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD). KSN 2021 diikuti oleh Sekolah Dasar (SD) baik negeri maupun swasta. Pelaksanaan KSN diawali dari seleksi kecamatan, kabupaten, hingga provinsi. Selanjutnya, masing-masing provinsi akan mengirimkan wakilnya dan berkompetisi di tingkat nasional. Bidang yang diperlombakan dalam KSN adalah Matematika, dan Sains.

Informasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 bisa dengan klik link berikut : http://ppdb.sditharum.id/

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya