SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Rayakan Maulid, SDIT HARUM Jember Adakan Pekan Maulid Nabi Muhammad 1444 Hijriah

Foto : Penampilan Azka Maulana Putra Y. kelas 6 Ali pada lomba Dai Cilik Competition, Jumat (14/10/2022) / junda

Jember (15/10) – Sambut peringatan Maulid Nabi, SDIT Harapan Umat (Harum) Jember menggelar kegiatan “Pekan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam 1444 Hijriyah” dengan tema “Keindahan Akhlak Rasulullah Shallallahu Aialihi Wasallam sebagai Teladan Kita dalam Menyerukan Kebaikan”. Berbagai agenda kegiatan dilaksanakan seperti lomba Dekorasi Kelas, lomba Dai Cilik Competition, hingga tasyakuran Maulid Nabi. Kegiatan ini berlangsung dari hari Senin hingga Jumat lalu (10-14/10/2022).

Pekan Maulid Nabi diawali dengan pengumuman rangkaian kegiatan pada Upacara Senin Pagi (10/10). Agenda pertama adalah Lomba Dekorasi Kelas. Lomba ini diperuntukkan bagi seluruh kelas mulai dari kelas 1 hingga 6.

Para guru kelas dan siswa mempersiapkan lomba ini sejak Senin. Mulai dari merencanakan tema, membersihkan kelas, menyiapkan bahan dekorasi hingga menata kelas sesuai dengan tema yang direncanakan. 

Agenda kedua adalah Dai Cilik Competition. Lomba ini hanya diperuntukkan bagi siswa siswi kelas 5 dan 6. Para siswa mengikuti audisi pada hari Selasa (11/10) untuk menentukan grand finalis yang akan tampil pada hari Jumat. Hasilnya ada sekitar 14 grand finalis yang terdiri dari 7 siswa dan 7 siswi.

Selayaknya dai cilik kondang, mereka tampil di hadapan seluruh warga sekolah pada Jumat (14/10). Peserta putra tampil dihadapan seluruh siswa di Masjid sekolah. Sementara, para peserta putri tampil dihadapan seluruh siswi di Aula Terbuka. Para juri juga turut menilai penampilan dari seluruh peserta. Para Ustadz menilai peserta putra sementara para ustadzah menilai peserta putri.

Terakhir, agenda ketiga yaitu tasyakuran bersama Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Para siswa membawa buah-buahan dari rumah masing-masing. Mereka saling berbagi buah-buahan baik kepada sesama siswa maupun bapak ibu guru.

Ketua panitia, Ilhamuddin Ahmad Al Farisi, M.Ag., menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk lebih mengenalkan keteladanan Rasululullah kepada para siswa.

“Secara umum momentum maulid ini adalah untuk menggali nilai-nilai keteladanan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari baik dari sikap, perkataan dan perbuatan” jelasnya. (humas)

Galeri Foto Kegiatan Pekan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam 1444 Hijriah

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya