SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Rayakan Tahun Baru Islam, SDIT HARUM Jember Gelar Panggung Shalawat

Jember (30/07) – Sambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, SDIT Harapan Umat (HARUM)Jember menggelar “Panggung Shalawat dan NOBAR (Nonton Bareng)” di sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 1-6 dan dewan guru pada Jumat (29/07/2022) mulai pukul 14.30-20.00 WIB.

Banyak sekali rangkaian acara yang diikuti oleh para siswa. Diawali dengan para siswa dan guru melaksanakan shalat Ashar berjamaah di Masjid Al-Ikhlas SDIT HARUM Jember. Selanjutnya, para siswa mengikuti pembelajaran Baca Tulis Al-Quran (BTAQ) WAFA sesuai kelompok masing-masing. Selesai BTAQ, para siswa menghias senter dipandu oleh guru kelas masing-masing.

Kegiatan pembelajaran baca tulis Al-Quran (BTAQ) selepas shalat Ashar pada rangkaian kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam SDIT HARUM Jember (29/07/2022)
Kegiatan menghias senter bersama guru kelas pada rangkaian Peringatan Tahun Baru Islam SDIT HARUM Jember (29/07/2022)

Menjelang Maghrib, para siswa berkumpul di Lapangan Utama, dan Lapangan Basket. Mereka membaca Dzikir Al-Matsurat dan Doa akhir tahun. Selesai berdoa, para siswa melaksanakan shalat maghrib dan membaca doa awal tahun. Selanjutnya, para siswa juga makan bekal bersama dan kemudian melaksanakan shalat Isya.

Pembacaan Dzikir Al-Matsurat dan Doa Akhir Tahun dipimpin oleh dewan guru SDIT HARUM Jember (29/07/2022)

Puncak acara kegiatan ini adalah selepas shalat Isya yaitu Panggung Sholawat dan Nobar. Tim hadrah guru SDIT HARUM Jember tampil membawakan nasyid-nasyid shalawat nabi. Para siswa menyalakan senter yang sudah dihias secara serempak. Suasana pun menjadi sangat meriah.

Panggung Sholawat bersama Tim Hadrah Guru pada Peringatan Tahun Baru Islam SDIT HARUM Jember (29/07/2022)
Kemeriahan Panggung Sholawat pada Peringatan Tahun Baru Islam SDIT HARUM Jember (29/07/2022)

Selanjutnya, para siswa menonton video kisah anak muslim. Mereka juga mendapatkan nasehat-nasehat dari Ahmad Fauzan Awaris, coordinator Al-Quran. Ustadz Fauzan, sapaan beliau, mengingatkan kembali kepada ananda untuk terus istiqomah dalam belajar dengan giat dan tekun.

Ketua pelaksana kegiatan, Dilla Rahmadani, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan peringatan tahun baru Islam luring perdana setelah masa pandemi. Beliau berharap agar kegiatan ini memberi kesan yang baik.

“Semoga kegiatan ini berkesan bagi anak-anak dalam memeriahkan tahun baru Islam, tahun baru bagi umat Islam yang sesungguhnya.” jelas beliau yang juga wakil kepala sekolah bidang kesiswaaan ini.

Kepala SDIT HARUM Jember, Elly Nuzulianty, memberikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat.

‘’Semoga Allah Subhanahuu Wa Ta’alaa menggenapkan hasil atau manfaat atas semua ikhtiar” ungkap beliau melalui pesan grup WhatsApp. (humas)

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya