SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Munaqasyah Tahfidz Maret 2022 : 56 Siswa Lulus Ujian Tahfidz Sekali Duduk

(Jember-22/04) Munaqasyah Tahfidz kembali digelar oleh bidang keagamaan SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember. Sebanyak 57 siswa siswi mengikuti Munaqasyah Tahfidz Ketiga tahun ajaran 2021/2022 pada Rabu, 23 Maret 2022. Bertempat di ruang kelas, dan masjid sekolah, kegiatan ini merupakan agenda rutin dari bidang keagamaan khususnya tahfidz untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan hafalan para siswa.

Ujian Tahfidz Satu Juz sekali duduk yang dilasksanakan pada Rabu, 23 Maret 2022

Para siswa yang menjadi peserta munaqasyah harus membacakan satu juz bil ghoib. Para penguji adalah guru tahfidz yang merupakan hafidz/hafidzah alumni dari Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran (Ma’had) Ibnu Katsir Jember. Pada pelaksanaanya, satu guru akan menyimak beberapa siswa secara bergiliran mulai dari pukul 08.00 hingga menjelang Dhuhur.

Pasca dua pekan pelaksanaan, hasil Munaqasyah Tahfidz pun diumumkan. Sebanyak 56 siswa siswi dinyatakan lulus Munaqasyah dan satu siswa dinyatakan remidi. Capaian tertinggi pada munaqasyah kali ini adalah ananda Martiza Tsaqofah Ridho, dan Dhiya Silmi Atiyah Tsani. Dua siswi dari kelas 5 Utsman ini berhasil menuntaskan munaqasyah Juz 9.

Rincian hasil Munaqasyah Tahfiz Ketiga tahun ajaran 2021/2022 adalah sebagai berikut;

Tabel 01. Hasil Munaqasyah Tahfidz Ketiga bulan Maret 2022

Link flyer nama siswa yang lulus Munaqasyah Tahfidz Edisi Ketiga https://drive.google.com/drive/folders/1Ffe0a5ZSvt57sQKchMx7YUkD4lUVCAUz?usp=sharing

Menurut Koordinator Al-Quran, Ahmad Fauzan Awaris, S.Sos., kegiatan Munaqasyah Tahfidz merupakan agenda rutin yang dilaksanakan secara berkala. Tujuan dari Munaqasyah Tahfidz adalah untuk evaluasi pembelajaran tahfidz sekaligus upaya meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran para siswa. Bagi siswa yang lulus munaqasyah juga akan mendapatkan syahadah resmi tahfidz Al-Quran dari sekolah dan Ma’had Ibnu Katsir Jember.

Beliau berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Quran di SDIT HARUM Jember. Diharapkan setelah lulus dari SDIT HARUM, para siswa sudah memiliki bacaan Al-Quran yang berkualitas, hafalan Al-Quran yang kuat, memiliki karakter Qurani, dan dapat mengamalkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. (ans)

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya