SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Parenting Harum Kedua : Mendidik Generasi yang Sehat dan Bahagia

Foto : Parenting Harum Kedua dilaksanakan secara daring dengan tema “Happy & Healthy Children” pada Jumat lalu (09/12/2022). / humas

Jember (10/12) – Rangkaian serial Parenting Harum telah sampai pada edisi kedua. Kali ini, Parenting Harum Kedua dilaksanakan secara daring dengan tema “Happy & Healthy Children”. SDIT Harapan Umat (Harum) Jember menghadirkan Diana Setiyawati, M.HSc. Psy., Ph.D., Kepala Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM, dan dr. Elly Nurus Sakinah, M.Si., Dosen Fakultas Kedokteran UNEJ. Kegiatan ini diikuti oleh orangtua siswa dan guru SDIT Harum Jember melalui Zoom Meeting dan live streaming Youtube pada Jumat lalu (09/12/2022).

Sesi pertama diisi oleh dr. Elly Nurus Sakinah, M.Si. tentang kesehatan anak. Dokter Elly, sapaannya, menjelaskan pentingnya memperhatikan kesehatan anak pada masa tumbuh kembang ananda. Beliau yang juga Ibunda Akmal dan Akrom, menjelaskan lebih lanjut tentang tips-tips menjaga pola hidup sehat anak untuk menunjang optimalisasi belajar ananda.

Sesi kedua diisi oleh Diana Setiyawati, M.HSc. Psy., Ph.D. tentang pentingnya pemahaman orangtua pada perkembangan anak-anak. Beliau menjelaskan peran orangtua sangat vital dalam masa tumbuh kembang anak mulai dari balita hingga remaja. Beliau juga mengingatkan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mencetak para pemimpin masa depan sehingga orangtua diharapakan agar terus belajar dan berkembang.

Bu Diana, sapaanya, juga mendefinisikan level komunikasi dalam keluarga. Keluarga yang dapat membangun komunikasi dengan baik maka membuat anak-anak lebih bahagia. Indikatornya adalah orangtua dengan anak dapat membicarakan hal-hal yang besar maupun yang pahit.

Selanjutnya, sesi ketiga adalah tanya jawab yang dipandu oleh moderator, Ristiono S.Psi., guru BK SDIT Harum Jember. Para peserta memberikan berbagai pertanyaan seputar studi kasus yang terjadi pada anak atau keluarga masing-masing. Para pemateri dapat memberikan jawaban sesuai bidang masing-masing, dan menjadi referensi baru dalam pendampingan dan pengasuhan anak di rumah.

“Alhamdulillah, parenting kali ini memberikan ilmu yang baru karena sudah dapat menjawab kegelisahan saya sebagai orangtua” ungkap salah satu peserta. (humas)

Rekaman kegiatan Webinar Parenting HARUM pada Jumat lalu (11/12/2022)

Gelari kegiatan Parenting Harum Kedua yang dilaksanakan secara daring dengan tema “Happy & Healthy Children” pada Jumat lalu (09/12/2022).

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya