SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Serunya SUPER CAMP 6 SDIT HARUM Jember

Jember (24/08) – Agenda yang paling dinantikan sejak awal pandemi akhirnya terlaksana. Gugus Depan (GUDEP) SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember melaksanakan kegiatan “Pesta Siaga dan Super Camp 6” pada Jumat-Sabtu (19-20/08/2022) di Lapangan Yonif 509 Raider Jember. Para siswa kelas 1, 2, 3 mengikuti Pesta Siaga. Sementara, para siswa kelas 4, 5, dan 6 mengikuti Super Camp 6.

Kepala SDIT HARUM Jember, Elly Nuzulianty, memimpin apel pembukaan Pesta Siaga dan Super Camp 6 pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas

Kegiatan Super Camp merupakan yang pertama bagi pramuka penggalang setelah dua tahun. Pasalnya, selama pandemi, seluruh kegiatan sekolah dilaksanakan secara daring.

Selama dua hari pelaksanaan, semua regu pramuka penggalang mengikuti berbagai kegiatan Super Camp 6.

Hari Pertama Supercamp

Hari pertama, Jumat (19/02), Super Camp diisi dengan dengan berbagai agenda kegiatan. Pertama, upacara pembukaan yang diikuti oleh pramuka siaga dan penggalang. Kedua, mereka belajar latihan baris berbaris bersama dengan instruktur dari Yonif 509 Jember. Setelah itu, anak-anak diberikan waktu istirahat selama 30 menit.

Latihan baris berbaris regu pramuka penggalang bersama satuan TNI pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas

Agenda ketiga adalah menyaksikan pameran alutsista. Anak-anak dapat melihat secara langsung berbagai macam alutsista milik Yonif 509 Jember. Mereka juga menyimak penjelasan tentang nama alutsista dan kegunaannya di medan perang.

Regu pramuka penggalang melhat pameran alutsista koleksi Yonif 509 Jember pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas

Agenda keempat, regu putra dan pembina melaksanakan shalat Jumat di Masjid. Sementara, regu putri dan pembina melaksanakan shalat dhuhur berjamaah di area perkemahan. Setelah itu, mereka makan siang bersama.

Agenda selanjutnya, semua regu pramuka penggalang mengikuti lomba hasta karya. Masing-masing regu bekerjasama membuat karya terbaiknya. Kegiatan ini berlangsung hingga waktu Ashar tiba.

Selesai shalat Ashar berjamaah, mereka kemudian bersiap untuk melaksanakan Lomba memasak dengan bahan sederhana. Masing-masing regu berusaha membuat masakan terbaiknya. Hasil masakan mereka pun dinilai oleh para juri. 


Regu putri pramuka penggalang menyiapkan menu masakan pda lomba memasak Super Camp 6 pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas

Kemudian, anak-anak diperkenankan untuk bersih diri setelah lomba memasak untuk makan malam. Mereka semua kemudian melaksanakan shalat maghrib, tilawah bersama, shalat isya, hingga makan bersama.

Tepat pukul 19.30 WIB, agenda puncak malam dilaksanakan yaitu gebyar api unggun, dan penampilan para siswa. Selesai api unggun, anak-anak kemudian menonton bersama video kisah Sahabat Rasulullah yaitu Bilal Bin Rabbah. Selesai semua kegiatan malam, anak-anak kemudian beristirahat di tendanya masing-masing.

Sambutan Ketua SAKO Daerah Jember, Ismail Zulqornain, dan Kamabigus SDIT Harapan Umat Jember di acara api unggun Super Camp 6 pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas

Hari Kedua Supercamp

Hari kedua, Sabtu (20/08), dimulai dengan kegiatan shalat tahajjud berjamaah, renungan, shalat shubuh berjamaah, dan dzikir pagi Al-Matsurat pada pukul 03.00-05.00 WIB.

Peserta Super Camp 6 setelah membaca dzikir pagi Al-Matsurat berjamaah pada Sabtu (20/08/2022)

Para siswa pramuka penggalang kemudian mengikuti senam pagi bersama, sarapan dan bersih diri hingga pukul 07.00 WIB.

Puncak kegiatan hari kedua adalah penjelajahan dan halang rintang. Anak-anak diharuskan melewati berbagai pos seperti pos kerjasama, pos hafalan ayat pilihan, pos yel-yel dan halang rintang. Yang terakhir, mereka harus melewati tantangan keseimbangan, ketangkasan, kerjasama dan cinta tanah air.

Peserta Super Camp 6 tengah menjalankan tugas di pos penjelajahan pad Sabtu (20/08/2022). Foto : Humas
Peserta Super Camp 6 tengah berjuang di pos penjelajahan pad Sabtu (20/08/2022). Foto : Humas
Peserta Super Camp 6 tengah berjuang di pos penjelajahan pad Sabtu (20/08/2022). Foto : Humas
Peserta Super Camp 6 tengah berjuang di pos penjelajahan pad Sabtu (20/08/2022). Foto : Humas

Rangkaian kegiatan penjelajahan dan halang rintang selesai pada pukul 10.30. Setelah itu para peserta melakukan bersih diri dan bersiap untuk apel penutupan. Selanjutnya, para siswa pramuka penggalang diperkenankan pulang ke rumah masing-masing. (humas)

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya