SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Serunya Pesta Siaga SDIT HARUM Jember

Jember (24/08) – Perdana pasca pandemi, seluruh siswa kelas 1, 2, dan 3 SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember mengikuti kegiatan PESTA SIAGA pada Jumat (19/08/2022). Bertempat di Yonif 509 Raider Jember, para siswa pramuka siaga mengikuti seluruh rangkaian Pesta Siaga.

Para siswa berdatangan di lokasi sejak pukul 07.00 WIB. Agenda pertama adalah upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh siswa pramuka siaga dan penggalang. Selanjutnya, agenda kedua, pramuka siaga dan penggalang mengikuti kegiatan latihan baris berbaris bersama instruktur dari Yonif 509 Jember hingga pukul 08.30 WIB.

Latihan baris berbaris regu pramuka siaga bersama satuan TNI pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas

Setelah beristirahat selama 30 menit, anak-anak mengikuti agenda ketiga yaitu pameran alutsista hingga pukul 10.30 WIB. Mereka mengamati secara langsung koleksi alutsista milik Yonif 509 mulai dari senapan laras panjang, hingga senapan serbu. Mereka juga berinteraksi dengan para tentara yang menjelaskan nama dan fungsi masing-masing alutsista.

Regu pramuka siaga melihat pameran alutsista koleksi Yonif 509 Jember pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas

Setelah melihat pameran, anak-anak dan pembina melanjutkan dengan kegiatan shalat berjamaah. Regu putra dan pembina melaksanakan shalat Jumat di Masjid, sementara regu putri dan pembina putri melaksanakan shalat dhuhur di tenda. Selesai shalat, mereka semua makan siang.

Agenda kelima adalah halang rintang. Anak-anak pramuka siaga mendapatkan tantangan melewati halang rintang yang sudah dipersiapkan. Mereka semua berhasil melewati seluruh halang rintang.

Pramuka siaga melewati halang rintang di Pesta Siaga SDIT HARUM Jember pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas
Pramuka siaga melewati halang rintang di Pesta Siaga SDIT HARUM Jember pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas

Selesai kegiatan tersebut, anak-anak pramuka siaga diberikan waktu untuk bersih diri. Setelah itu, mereka diperkenankan untuk pulang setelah dijemput orangtua masing-masing.

Menurut pembina pramuka siaga, Widaturrohmah, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter tangguh anak-anak. Karakter ini termaktub dalam Q.S. Ali Imron : 138-139. Nilai ini yang tengah ditanamkan kepada seluruh siswa agar menjadi pribadi muslim yang unggul dan berkarakter Qurani. (humas)

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya