SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Perdana Pasca Pandemi, Pesta Siaga dan Super Camp 6 SDIT HARUM Jember

Jember (24/08) – Agustus identik dengan bulan Pramuka dan Kemerdekaan. Dalam rangka peringatan hari pramuka sekaligus HUT ke-77 RI, Gugus Depan (GUDEP) Pramuka SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember menggelar PESTA SIAGA DAN SUPER CAMP 6 bertajuk “Mengabdi Tanpa Batas untuk  Membangun Ketangguhan Bangsa”. Bertempat di Yonif 509 Raider Jember, seluruh siswa pramuka siaga dan penggalang mengikuti kegiatan ini pada Jumat-Sabtu, (19-20/08/2022).

Suasana setelah apel pembukaan Pesta Siaga dan Super Camp 6 SDIT Harapan Umat Jember di Lapangan Yonif 509 Raider pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas

Kegiatan Pesta Siaga diperuntukkan bagi para siswa pramuka siaga kelas 1, 2, dan 3. Mereka mengikuti berbagai rangkaian kegiatan pada hari pertama, Jumat (19/08). Mulai dari kegiatan apel pembukaan, latihan baris berbaris, pameran alutsista, hingga halang rintang.

Sementara itu, kegiatan Super Camp 6 diperuntukkan bagi para siswa pramuka penggalang kelas 4, 5, dan 6. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan Supercamp selama dua hari, Jumat-Sabtu (19-20/08/2022). Sama seperti pramuka siaga, mereka juga mengikuti upacara pembukaan, latihan baris berbaris, dan pameran alutsista. Bedanya, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan, api unggun, qiyamul lail, pembiasaan ubudiyah hingga penjelajahan dan outbond.

Latihan baris berbaris regu pramuka siaga bersama satuan TNI pada Jumat (19/08/2022). Foto : Humas
Regu putri melewati halang rintang pada kegiatan penjelajahan dan outbond Super Camp 6, Sabtu lalu (20/08/2022). Foto : Humas

Menurut ketua panitia, Hendro Kamandaka A., kegiatan ini merupakan agenda tahunan sekolah yang diselenggarakan pada semester ganjil. Selama pandemi, Pesta Siaga dan Super Camp sempat terhenti sehingga tahun ini merupakan agenda perdana setelah dua tahun ajaran.

Sementara itu, Kepala SDIT HARUM Jember, Elly Nuzulianty, menambahkan bahwa Super Camp 6 merupakan kegiatan sekolah dalam rangka mengimplementasikan semangat Q.S. Ali Imron : 138-139. Ayat ini mengajarkan agar setiap muslim memiliki karakter tangguh, bertanggungjawab, dan taat atas perintah Allah. Diharapkan, anak-anak dapat mengamalkan nilai-nilai tersebut dan terbentuk karakter muslim yang tangguh.

Rangkaian Pesta Siaga dan Supercamp 6 diakhiri dengan apel penutupan oleh pramuka penggalang pada Sabtu (20/08/2022). (humas)

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya