SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Pembiasaan Go Green, Siswa Siswi SDIT Harum Belajar Buat Pupuk Organik Cair

SDIT Harum Jember sukses menggelar Pekan Numerasi dan Green School pada pekan lalu. Mulai dari Senin hingga Jumat, 11-15 Oktober 2021, para siswa belajar tahapan pembuatan pupuk organik cair secara virtual. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari Launching KaKak Je (Komunitas Berkebun Keluarga Jember) yang digagas oleh Yayasan Islamic Centre dan Bapak Ir. Ridho Iwanda, M.P., praktisi holtikultura. Setiap wali kelas masing-masing memandu para siswa secara virtual. Sementara, orangtua membersamai siswa di rumah.

Proses pembuatan POC dibagi menjadi empat tahapan. Tahap pertama dimulai dengan diskusi bersama keluarga, dan membuat kesepakatan. Setiap keluarga siswa akan membagi tugas masing-masing. Mulai dari pembagian tugas kepada masing-masing anggota keluarga, pembuatan jadwal, hingga persiapan dilaksanakan pada hari pertama, Senin (11/10).

Tahap kedua, setiap anggota keluarga mulai menyiapkan sampah organik, dan peralatan yang dibutuhkan. Dari pengamatan wali kelas, proses ini melibatkan siswa, orangtua, bahkan anggota keluarga lain seperti kakak & adik.

Proses pemilahan sampah di rumah

Tahap ketiga, mulai pembiasaan membuang/memilah sampah sesuai tempatnya. Setelah menetapkan prosedur pemilahan sampah, selanjutnya adalah mulai membiasakan seluruh anggota keluarga. Selama sepekan, para siswa dan anggota keluarga di rumah belajar membiasakan diri untuk memilah sampah organic dan anorganik. Sampah organik ini nantinya akan dipakai sebagai bahan pembuatan POC.

Tahap keempat, mulai membuat POC. Pada hari keempat dan kelima,yaitu Kamis & Jumat, para siswa  dan keluarga mulai membuat POC. Proses pembuatan POC antara lain ;

1. Kumpulkan semua bahan organik sisa RT (sayur, buah, nasi dll);

2. Masukkan dalam timba;

3. Tambahkan air cucian beras hingga hampir penuh;

4. Tambahkan gula pasir;

5. Aduk sebanyak tujuh putaran ke arah kanan;

6. Tutup rapat (tidak ada udara masuk).

Setelah melaksanakan enam langkah di atas maka selanjutnya adalah membiarkannya selama tujuh hari. Jarak tiga hari, timba dibuka sedikit untuk mengurangi kadar gas.

Proses Ppembuatan POC oleh ananda Nisrina, siswi kelas 4 Utsman

Setelah tujuh hari, POC siap dipakai dengan  dosis aplikasi 10 ml/1 L di spray 1 pekan sekali. POC dapat diaplikasikan pada semua jenis tanaman. Salah satu contoh aplikasi POC yang sukses adalah tanaman di Kebun Sekolah yang dikelola oleh bapak Ridho dan tim kebun SDIT Harum Jember. Tanaman sayur dapat tumbuh subur dan bulan Oktober ini sudah panen beberapa sayuran. Diharapkan dengan kegiatan ini, para siswa dan guru dapat membiasakan diri untuk hidup bersih, mencintai lingkungan, dan mendapatkan manfaat dari aktivitas berkebun.

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya