SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

Perkuat Budaya Literasi Keluarga, SDIT HARUM Jember Gelar Pelatihan Menulis Cerita Anak

Rabu lalu (20/10/2021), SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember telah menggelar Pelatihan Menulis Cerita Anak secara daring. Pelatihan ini diikuti oleh orangtua siswa kelas 1 s.d. 6, dan dewan guru SDIT Harum Jember. Kak Ernawati, penulis buku, & konsultas naskah tingkat nasional, menjadi pemateri pada pelatihan yang diselenggarakan dari pukul 08.00-09.30 WIB ini.

Peserta Pelatihan Menulis Cerita Anak Bersama Kak Ernawati pada Rabu (20/20/2021)

Ustadz Ristiono,S.Psi., guru Bimbingan Konseling (BK) SDIT Harum Jember, selaku moderator mengawali kegiatan pelatihan dengan doa pembuka. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Warda Maulany Al Hakim, siswi kelas 3 Utsman.

Sebelum masuk acara inti, terlebih dahulu ada sosialisasi pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) dari dr. Elly Nurussakinah, M.Si.. Beliau merupakan perwakilan Satuan Gugus Tugas (satgas) COVID-19 SDIT HARUM Jember. Sekolah memiliki tim satgas COVID-19 yang terdiri dari dewan komite sekolah, dan wali murid dari kalangan akademisi & praktisi kesehatan. Beliau yang merupakan salah satu wali murid, dan dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember ini, menjelaskan prokes yang harus ditaati oleh siswa, wali murid, dan dewan guru selama di sekolah maupun di rumah. Penekanan taat prokes terus digalakkan mengingat pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) telah dimulai.

Selesai sosialisasi, saatnya kegiatan inti yaitu pelatihan menulis cerita anak. Kak Ernawati yang merupakan penulis buku skala nasional menjelaskan tahapan-tahapan penulisan cerita anak yang baik dan benar. Selama hampir satu jam, beliau menjelaskan secara detail metode menulis, dan pemaparan contoh tulisan kepada para peserta. Para peserta juga diajak untuk berlatih menulis, dan kemudian diberi masukan langsung oleh Kak Ernawati.

Tak hanya pelatihan dalam bentuk teori, para peserta juga akan mengikuti Lomba Menulis Cerita Anak yang diselenggarakan oleh SDIT Harum Jember. Para peserta akan mulai menulis cerita anak dengan batas waktu hingga 24 Desember 2021. Tiga karya terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai dan trofi.

Terakhir, kegiatan ini ditutup dengan sosialisasi dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Ahmad Yani Jember. SDIT HARUM Jember telah bekerjasama dengan BSI Jember untuk memudahkan wali murid ketika akan memenuhi kewajiban sekolah. Selesai sosialisasi ini, kegiatan ditutup dengan bacaan doa oleh moderator. (ans)

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya