SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

SDIT Harum Jember dan BPBD Jember Adakan Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana Banjir

Foto : Anak-anak belajar simulasi menaiki perahu penyelamat yang dipakai tim BPBD pada kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana Banjir, Jumat (20/01/2022)/humas

Jember (20/01) – Pemandangan tak biasa tampak di lingkungan sekolah. SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember mengadakan “Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana Banjir” pada hari ini, Jumat (20/01/2023). Bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, kegiatan ini merupakan edukasi dan simulasi tanggap bencana banjir untuk seluruh para siswa dan guru.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi bahaya banjir, dan dampaknya di masjid sekolah. Selanjutnya, para siswa dan guru mensimulasikan tanggap bencana banjir. Mulai dari menyelamatkan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi, berjalan menuju ke tempat evakuasi, hingga berkumpul di tempat penampungan korban.

Anak-anak juga belajar simulasi menaiki perahu penyelamat yang dipakai tim BPBD. Mereka belajar bagaimana mendayung yang benar bila terjadi bencana banjir.

Menurut koordinator pelaksana, Gigih Heru Anugrah, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa agar lebih memahami bahaya banjir dan penanggulannya.

“Apalagi, lokasi sekolah juga dekat dengan sungai sehingga perlu diberikan edukasi terkait tanggap bencana banjir.” tambahnya.

Sementara itu, Misrali, perwakilan BPBD Jember, menjelaskan, “Kami berharap anak-anak dapat mengetahui dan memahami langkah-langkah dalam menghadapi bencana banjir. Dari pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana.”

Galeri Foto kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana Banjir, Jumat (20/01/2022)

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya