Talkshow Interaktif SDIT Harum Jember: Kiat Didik Ananda Hafal 10 Juz Al-Quran

Foto : Ummul Hidayat, bunda Eurico Zhafran Muhammad, berbagi kiat mendidik ananda hingga dapat menghafalkan 10 Juz Al-Quran pada Talkshow Interaktif, Sabtu (14/01/2023)/ humas

Jember (14/10) – Ummul Hidayat, bunda Eurico Zhafran Muhammad, berbagi kiat mendidik ananda hingga dapat menghafalkan 10 Juz Al-Quran pada Talkshow Interaktif, Sabtu (14/01/2023). Talkshow yang dipandu oleh Ustadzah Rizka Barikah, wali kelas 2 Abu Bakar ini diikuti oleh orangua siswa dan guru melalui Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube.

Eurico Zhafran Muhammad, siswa kelas 2 Abu Bakar, merupakan salah satu siswa berprestasi di bidang Al-Qur’an dan olahraga. Selain dapat menghafalkan 10 juz Al-Qur’an, ananda juga merupakan atlet daerah Jember cabang olahraga Wushu.

Menurut bunda Ico, beliau dan suami, Muhammad Thoifur, sudah menerapkan kedisiplinan kepada ananda sejak balita. Mulai dari membiasakan bangun pagi, mandi pagi, menentukan jadwal belajar, ngaji, ekskul hingga pengawasan ketat penggunaan gadget.

“Saya dan suami bersepakat untuk tidak memberikan gadget kepada Ico.  Kami menjelaskan bahaya penggunaan handphone kepada Ico. Ketika bersama Ico, saya tidak pegang handphone.”

Selain di rumah, beliau juga mengkondisikan keluarga maupun lingkungan pertemanan Ico,

“Kami juga mengarahkan ananda untuk bermain dengan teman yang tidak terbiasa dengan handphone. Neneknya, dan pengasuhnya juga sudah kami beritahu untuk tidak memberikan handphone kepada Ico. Kami juga sering memperdengarkan murottal kepada Ico ketika di rumah.”

Beliau yang juga berprofesi sebagai guru menambahkan,

“Yang saya tekankan kepada Ico adalah Al-Qur’an akan menjadi sahabat di dunia maupun akhirat. Orangtua tidak selamanya membersamai ananda.”

Koordinator Al-Quran, Ustadz Ahmad Fauzan Awaris, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kembali kerjasama sekolah dengan orangtua dalam pembelajaran Al-Qur’an ananda. Keberhasilan pendidikan Al-Quran tidak hanya menggantungkan program sekolah tetapi juga keterlibatan orangtua dan keluarga. (humas)

Galeri Kegiatan Talkshow Interaktif “Menggapai Cahaya Al-Qur’an” pada Sabtu (14/01/2023)