SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

SDIT Harum Jember Peringati Hari Pahlawan Nasional

Foto : Penampilan Guru pada Kegiatan Peringatan Hari Pahlawan 2023 di SDIT HARUM Jember, Jumat (10/11/2023)

Jember – SDIT Harapan Umat (Harum) Jember menggelar berbagai kegiatan untuk para siswa dalam rangka peringatan “Hari Pahlawan Nasional” di lingkungan sekolah, Jumat (10/11/2023). Mulai dari menyimak puisi teatrikal pahlawan kemerdekaan, menulis refleksi, hingga menulis surat cinta dalam rangka menyambut hari Ayah.

Kegiatan dibuka dengan apel pagi dimulai sejak pukul 07.15 WIB. Ustadz Firdaus membawakan teatrikal puisi yang menceritakan sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Tampak beliau membacakannya dengan penuh penghayatan di depan seluruh siswa. Beberapa guru juga memperagakan pahlawan nasional sesuai periode perjuangan. 

Kemudian, para siswa mengikuti shalat Dhuha dan berdoa bersama untuk para pahlawan yang telah gugur. Kelas 1-3 melaksanakannya di kelas masing-masing, dan kelas 4-6 di Masjid Sekolah. 

Selanjutnya, kegiatan membuat prakarya surat undangan, dan menulis surat cinta untuk kedua orangtua. Siswa kelas 1-3 menuliskan ucapan terima kasih dan doa untuk para pahlawan.Sedangkan, siswa kelas 4-6 menuliskan kembali pesan-pesan yang telah disampaikan pada apel pagi.

Terakhir, para siswa menuliskan ucapan terima kasih untuk kedua orangtua. Dalam rangka menyambut hari Ayah, anak-anak menuliskannya sebagai ungkapan rasa cinta dan sayang kepada kedua orangtua.

Yang menarik dari sesi ini adalah para Ustadz Firdaus dan siswa siswi kelas 6 menyanyikan lagu tentang orangtua. Tidak sedikit siswa yang menangis karena teringat dengan kedua orangtuanya.

Menurut Elly Nuzulianti, kepala SDIT Harum Jember, ada dua kegiatan utama pada Peringatan Hari Pahlawan tahun ini. Pertama, menulis kembali terkait kisah perjuangan dan refleksi. Kedua, menulis surat cinta menyambut Hari Ayah karena Ayah dan Bunda adalah pahlawan di sekitar kita.

Beliau juga berharap agar para siswa bisa merencanakan sisi kepahlawanannya sesuai potensi, kekuatan, dan keunggulan masing-masing.

Dokumentasi Kegiatan Peringatan Hari Pahlawan 2023 di SDIT HARUM Jember, Jumat (10/11/2023)

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya