SDIT HARAPAN UMAT JEMBER

SDIT HARUM Jember Sambut Peringatan Maulid Nabi 1445 Hijriyah

Foto : Tarhib Siswa SDIT HARUM Jember pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah, Senin (25/9/2023)

Jember – Senin (25/9/2023), SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember menggelar kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah di sekolah. Bertemakan “Muhammad SAW is My Inspiration, Muhammad SAW Inspirasiku”, kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 1-6. 

Peringatan Maulid Nabi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Berbagai rangkaian acara berbeda diikuti para siswa. Mulai dari mendengarkan kisah,tarhib/flashmob, lomba cerdas cermat (LCC), membuat prakarya, hingga tasyakuran. 

Pertama, kegiatan dibuka dengan shalat Dhuha berjamaah, dan bersholawat dipimpin oleh Ustadz Fauzan, koordinator Al-Qur’an. Selesai acara pertama, Ustadz Firdaus, wali kelas 6 Ali,menyampaikan kisah sahabat Ibnu Abbas R.A. kepada seluruh siswa kelas 1-6 di lapangan utama sekolah. 

Selanjutnya, para siswa dibagi menjadi dua kelompok besar. Kelas 4-6 mengikuti tarhib/flashmob di sepanjang jalan depan sekolah. Mereka menyampaikan poster yang berisi pesan-pesan ajakan mencintai dan meneladani Rasulullah SAW. Sementara, kelas 1-3 mewarnai kaligrafi shalawat Nabi di kelas. 

Kedua, acara inti pada kegiatan ini yaitu LCC. Perwakilan dari masing-masing kelas mengikuti LCC per jenjang di masjid. Selain para peserta, para suporter juga turut hadir di tempat lomba. 

Foto : Lomba Cerdas Cermat Cermat (LCC) Siswa SDIT HARUM Jember pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah, Senin (25/9/2023)

Ketua panitia, Ustadz Ilyas, menjelaskan bahwa tujuan LCC adalah agar anak-anak dapat lebih bersemangat belajar tentang sirah Nabawiyah. 

“Dengan mengikuti LCC diharapkan agar anak-anak mengenal lebih dalam tentang Rasulullah SAW sehingga dapat meneladani dengan sepenuh hati” ungkapnya. 

Sementara itu, para siswa yang tidak menjadi perserta LCC membuat prakarya bersama guru kelas di kelasnya masing-masing. Mereka juga membuat olahan buah yang nantinya akan dinikmati bersama. 

Terakhir, kegiatan ditutup dengan tasyakuran seluruh siswa di kelas masing-masing. Mereka saling bertukar makanan berupa buah sebagai tanda syukur dan bahagia atas datangnya momen Maulid Nabi Muhammad SAW. (humas)

Dokumentasi kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Senin (25/9/2023)

Bagikan yuk
Agar bermanfaat

Berita Lainnya