Webinar Parenting SDIT Harum Jember : Jaga Pola Hidup Sehat dan Siap Hadapi KBM Tatap Muka

Webinar Parenting SDIT Harum Jember : Jaga Pola Hidup Sehat dan Siap Hadapi KBM Tatap Muka

Jember – SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember kembali menggelar Webinar Parenting pada Ahad lalu (28/02/2021). Dengan menggunakan media Zoom Meeting, webinar ini dihadiri oleh seluruh orangtua siswa kelas 1 hingga kelas 6. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.10 WIB dan diakhiri pukul 11.00 WIB.

Tema webinar kali ini adalah ” Mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka : Pola Hidup & Pengaruhnya pada Imunitas Tubuh” dengan pemateri dr. Ancah Caesarina, Ph.D., dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jember yang juga orangtua siswa ananda Arsyilla, 5 Ali Bin Abi Thalib. Selain itu, ada juga sosialisasi & pengenalan program Gugus Tugas Siaga Covid-19 SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember oleh Dr. Abu Khoiri, S.KM., M. Kes., ketua tim gugus tugas dan juga merupakan orangtua siswa SDIT Harum Jember.

Ibu Endah Yuniasih, S.Pd., wali kelas 1 Umar Bin Khattab, memandu kegiatan Webinar Parenting SDIT Harum Jember pada Ahad lalu (28/03/2021)

Webinar parenting kali ini diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Ibu Endah Yuniasih, S.Pd., wali kelas 1 Umar Bin Khattab. Kemudian dilanjutkan dengan tilawah oleh ananda Warda Maulany Al-Hakim, siswi kelas 2 Abu Bakar. Selanjutnya, Ibu Elly Nuzulianty, S.S., kepala SDIT HARUM Jember, memberikan penjelasan terkait agenda terdekat sekolah, perkembangan terbaru tentang aturan pembelajaran tatap muka dari Diknas Jember, serta persiapan sekolah menghadapi pembelajaran tatap muka.

Ketua komite sekolah, bapak Hari Setiawan, S.Sos., juga turut memberikan sambutan. Beliau memberikan apresiasi kepada kegiatan webinar kali ini, dan mengingatkan kepada semua pihak untuk menyiapkan diri dalam menjaga protokol kesehatan. Sambutan ketiga, Bapak Abdoel Jamali, yang merupakan salah satu orangtua siswa SDIT HARUM Jember, juga memberikan apresiasi dan turut memberikan semangat kepada seluruh orangtua siswa yang hadir.

Ibu dr. Ancah Caesarina, Ph.D, memberikan materi pada kegiatan Webinar Parenting SDIT Harum Jember pada Ahad lalu (28/03/2021)

Giliran ibu dr. Ancah Caesarina, Ph.D. memberikan materi pada webinar kali ini. Beliau yang merupakan salah satu dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Jember ini menyampaikan tentang urgensi menjaga pola hidup sehat di masa pandemi. Beliau memberikan kiat-kiat hidup sehat terutama untuk menjaga imun tubuh dalam upaya mencegah penularan Covid-19. Beliau juga meluruskan fakta dan mitos yang lazim dipahami oleh masyarakat awam. Edukasi ini tentu sangat bermanfaat bagi orangtua siswa dan dewan guru karena telah memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kesehatan.

Pembicara kedua yaitu bapak Dr. Abu Khoiri, S.KM., M.Kes., ketua tim Gugus Tugas Siaga Covid-19 SDIT HARUM Jember, memberikan sosialisasi & pengenalan program “Gugus Tugas Siaga Covid-19 SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember”. Beliau mempresentasikan sususan tim gugus tugas, program kerja masing-masing divisi, dan langkah-langkah yang sudah dilaksanakan. Beliau juga memaparkan hasil jejak pendapat para responden yaitu orangtua siswa SDIT HARUM Jember terkait kesiapan pembelajaran tatap muka.

Respon orangtua siswa sangat positif pada kegiatan webinar parenting kali ini. Banyak orangtua yang memberikan respon di kolom chat webinar yang menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka sangat dinantikan.

Peserta Webinar Parenting SDIT Harapan Umat Jember

Menurut ibu Elly Nuzulianty, S.S., kepala SDIT HARUM Jember, saat ini hanya kelas 6 yang diperbolehkan melaksanakan pembelajaran tatap muka. Hal ini dikarenakan kondisi siswa siswi kelas 6 yang membutuhkan bimbingan langsung bapak ibu guru sebelum menghadapi Ujian Sekolah. Adapun untuk pembelajaran tatap muka secara umum harus menunggu keputusan dari Dinas Pendidikan (DIKNAS) Kabupaten Jember. Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Jember sendiri belum memberikan keputusan pasti terkait waktu pelaksanaan pembelajaran tatap muka untuk semua jenjang sekolah. (ans)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *